Sampoerna IS Conference 2013

Sampoerna IS Confrence di tahun kedua, Voila Indonesia masih dipercaya oleh PT HM Sampoerna untuk menbantu mengsukseskan acara luar biasa ini. Salah satu divisi Information Services (IS) Sampoerna menjadikan acara ini ajang berkumpul dan mengakrabkan diri satu dengan yang lain. Jogja merupakan tempat pilihan para komitee yang di latar belakangi bahwa kebudayaan Indonesia sangat kental disana.

IS Conference (4)_800x534

Kesuksesan di Bali adalah Tugas besar Voila Indonesia agar lebih bekerja keras membuat event tahunan ini menjadi lebih spektakuler dari tahun sebelumnya. Melalui proses yang cukup panjang, pitching dan seleksi dari beberapa agency ternama. Voila terpilih menjadi pelaksana Sampoerna IS Confrence 2013 di Jogja. Beberapa tempat seperti Jogja, Makasar dan Phuket menjadi pilihan untuk acara ini. Tetapi suasana kental khas Jogja tidak bisa kita pungkiri menjadi daya tarik luar biasa.

Venue yang romantis akan keakraban masyarakan Jogja, membuat kami – Voila Indonesia –  memilih tema Indonesian Heritage. Bukan Voila jika acara ini tidak kreatif dan menarik. Tahun ini kami memboyong sutradara handal Riri Riza untuk berpartisipasi meramaikan acara ini. Riri Riza membuat workshop movie yang akan dibuat dan diperankan oleh para partisipan IS Confrence.  Selama 3 hari (5 s/d 8 Desember 2013) Acara Confrence ini di isi dengan kegiatan yang menarik seperti Business Update Meeting, Motivation Session dari Power Character – Dr Jakoep Ezra, Workshop membuat film dari Riri Riza, Movie making bersama Riri Riza, Editing Movie oleh 12 editor lokal Jogja yang sudah kami persiapkan, hingga penayangan film yang sudah para partisipan buat di acara Gala Dinner.

Pada hari pertama, Peserta yang terkumpul dari beberapa kantor cabang PT HM Sampoerna berkumpul di Hotel Sheraton Jogjakarta. Mereka beristirahat sejenak dan menikmati makan malam dengan sajian khusus yang di sajikan oleh Restoran Androwino Sheraton Mustika Jogjakarta. Dilanjutkan dengan Business Update Meeting dimana disampaikan kepada seluruh partisipan oleh Head Of Information Service Bapak Wayne Michael Bana, tentanag pencapaian selama satu tahun dengan komitmen One IS, yang menjadi kegiatan ini unik adalah MC di setting untuk mengenakan pakaian Roro Djongrang dan Hanoman.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk memulai acara yang cukup attractive yaitu Motivation Session oleh Dr Jakoep Ezra –Power Character. Selama kurang lebih 3 jam, peserta melanjutkan acara dengan Workshop dari Riri Riza. Peserta sangat exited dengan acara ini. Karna menurut mereka Workshop film adalah pengalaman yang luar biasa untuk di coba. Dalam Workshop ini Riri Riza memberikan arahan serta insight dara membuat film, yang dilanjutkan dengan pembuatan storyline oleh masing-masing kelompok. Para peserta diajak berlatih sebagai talent dan sutradara dalam membuat film sebagai bekal untuk praktek langsung keesokan harinya.

Acara malam hari, para partisipan diajak untuk makan malam di Restoran Sekar Kedaton yang kental akan unsur Heritage. Bukan sekadar makan malam biasa. Acara makan malam ini juga terdapat penghargaan ABCD Awar untuk para partisipan yang sudah berdedikasi dalam pekerjaan mereka. Selain itu performance gamelan dengan para pemain Bules alias Expatriat dari beberapa negara. Penampilan akustik band  juga turut melengkapi kesempurnaan makan malam kali ini.

IS Conference (5)_800x534

Yup, its time to make the movie! Di hari ketiga ini para peserta memulai kegiatan pada pukul 08.00 pagi. Mereka berkumpul di Rumah Budaya desa Tembi. Desa tembi adalah desa yang indah karna terdiri dari beberapa tempat eksotik ala Jogja. Para peserta memilih tempat shooting mereka saat workshop sesuai jadwal dan tempat yang sudah dipersiapkan oleh panitia. 4 jam berlalu dengan sangat menyenangkan. Para partisipan melanjutkan ke Sheraton Hotel untuk makan siang dan menyerahkan RAW video mereka kepada 12 editor handal jogja yang sudah dibagi tiap group.

IS Conference (3)_800x534

Tiba di Gala Dinner, para partisipan sudah tidak sabar untuk melihat hasil kreasi film yang mereka buat sendiri. Di awali dengan penampilan Dancer,  Band Top 40, serta performance alam musik marakas tradisional yang yang menarik perhatian. Ambience Indonesia Heritage dihadirkan dengan peragaan busana tradisional oleh model profesional Jogja. Setiap peserta juga wajib menggunakan baju khas daerah mereka. Selain peragaan busana, Acara pengumuman pemenang Best Movie, Best Creative Movie, Best Actor, Best Actres  serta Best Amazing Race juga ikut mewarnai kemeriaan Gala Dinner. Serta yang paling ditunggu adalah pengumuman pemenang MR dan Mrs Is untuk best employee.

IS Conference (1)_800x534

Makan siang di Bale Bengong dan Kelas Membatik menjadi suguhan paling akhir sebelum peserta kembali ke daerah masing-masing. Diadakan di Jl. Kusumanegara Jogja, para peserta membuat souvenirnya sendiri untuk oleh-oleh.  Conference tahun ini pun mendapat feedback yang sangat positif dari para peserta, juga pengisi acara pun turut mengapresiasi kerja keras Voila Indonesia untuk membuat event yang spektakuler kali ini.

Voila bekerja dengan sistem yang teratur dan komunikasi yang jelas, menunjukkan bahwa bekerja baik bisa dilakukan dengan kegembiraan. Penyelenggaraan event yang terpercaya dan mengesankan”  ~  Riri Riza, sutradara film. 

Febiyola Trafesia.
Account Manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *