Indonesia Netizen

Internet, kita tidak usah lagi menjelaskan apa itu internet. Yang perlu kita share adalah bagimana internet dan produk-produk dari internet sudah menjadi kewajiban dalam kehidupan manusia. Tidak hanya saat bekerja, saat santai, kongkow, dalam kendaraan, bahkan saat ke toiletpun manusia masih berhubungan dengan internet.

 

Berdasakan data statistik, jumlah pengguna internet di Indonesia atau Indonesia netizen kini sudah mencapai sekitar 55 juta orang. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 30,9 persen bila dibanding tahun lalu. Sebagai informasi, peringkat pertama adalah Cina sebanyak 513 juta, India adalah 121 juta pengguna, dan Jepang sebanyak 101 juta dan Indonesia 55 juta. Data ini berdasarkan data di tahun 2011.

 

MarkPlus Insight merilis data tentang penggunaan Internet di Indonesia (Indonesia netizen). Kesimpulan yang diambil oleh laporan ini adalah jumlah pengguna internet atau Netizen di Indonesia per akhir tahun 2012 mencapai 61,08 juta orang. Angka tersebut naik sekitar 10% ketimbang tahun 2011. Dibanding total populasi, penetrasi pengguna Internet mencapai 23,5%. Survei terhadap 2151 orang yang berusia 15-64 tahun dengan strata sosial ABC dan bertempat tinggal di 11 kota besar di Indonesia. Survey juga dilakukan untuk menemukan behaviors yang muncul di antara para pengguna Internet ini.

 

Temuan yang layak untuk ditelaah lebih lanjut:

  • 40% dari pengguna Internet di Indonesia (24,2 juta orang) mengakses Internet lebih dari 3 jam setiap harinya
  • 58 juta orang (95%) mengakses Internet dari notebook, netbook, tablet dan perangkat seluler
  • Komunitas terbesar pengguna Internet didominasi oleh kalangan middle class
  • Mayoritas pengguna Internet di Indonesia berada di rentang usia 15-35 tahun
  • 56,4% termasuk “bargain hunter” — yang rela berjam-jam berselancar di Internet untuk mencari informasi dan penawaran terbaik tentang kebutuhannya
  • 3,7 juta orang (6%) pernah melakukan transaksi e-commerce
  • budget rata-rata pembelian secara online adalah Rp 150 ribu.

 

Nah, setelah kita share tentang pengguna internet secara global, selanjutnya yuk kita share jumlah penikmat Facebook dan Twitter di republic tercinta kita ini.

 

Jumlah pengguna situs jejaring sosial Facebook di Indonesia tercatat sebagai yang tertinggi ketiga di dunia. Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Komunikasi dan Informatika, total ada 43,06 juta orang yang menggunakan situs jejaring sosial Facebook. Sekarang tertinggi ketiga di dunia. Bahkan pada 2011, pengguna Facebook di Indonesia pernah menembus angka tertinggi hingga nomor dua dunia di bawah Amerika Serikat. Selanjutnya, pengguna naik turun sampai saat ini berada di posisi ketiga.

 

Untuk pengguna Twitter,Indonesia berada di urutan tertinggi kelima di dunia, dengan 19,5 juta pengguna.

 

Indonesia saat ini duduk di peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak. Tercatat lebih dari 50,82 juta akun Facebook berasal dari Indonesia. Hanya Amerika Serikat. Brazil dan India yang melebihi Indonesia dalam hal jumlah pengguna.

 

Ada beberapa sebab, faktor pertama adalah tumbuh pesatnya pengguna internet muda. Banyak siswa SD dan SMP telah memiliki Facebook. Kepemilikan akun Facebook telah dianggap sebagai suatu gaya hidup yang wajib dimiliki oleh generasi muda.

 

Seorang anak dapat dianggap tidak gaul jika belum memiliki akun Facebook. Maka untuk mendapat tempat di mata temannya mereka harus memiliki akun Facebook.

Faktor kedua adalah sifat masyarakat Indonesia yang komunal (gemar berkumpul dan berkomunikasi). Di tengah semakin sedikitnya waktu berkumpul karena pekerjaan, Facebook dianggap sebagai sarana yang tepat.

 

Semakin berkembangnya tingkat industri dan perekonomian di Indonesia membuat orang menjadi lebih sibuk bekerja dibanding sebelumnya. Hal ini membuat waktu berkumpul dan berkomunikasi menjadi berkurang. Dengan menggunakan Facebook, seseorang masih dapat berkomunikasi dengan orang atau komunitas di tengah kesibukan yang dialami.

 

Faktor ketiga adalah banyaknya pengguna yang memiliki akun lebih dari satu. Penggunaan ini dimaksudkan agar masing-masing akun digunakan pada saat yang berbeda. Ada akun yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kolega, akun yang digunakan untuk berdiskusi pada suatu forum tertentu dan akun yang digunakan untuk berbisnis.

 

Faktor ke empat, yakni sekarang semakin banyak perusahaan-perusahaan menggunakan Facebook dan Twitter sebagai sarana mereka berkomunikasi dengan customernya. Mulai dari sekedar update status, ngetweet, sampai bikin gimmick, kultwit dan promo.

 

Sekarang kita sudah tahu betapa penduduk Indonesia mempunyai ikatan kuat dengan internet. Terlepas hanya iseng atau mereka benar-benar berselancar di Internet untuk kebutuhan.

 

(Suyono)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *