Apakah Agency Perlu Punya Strategy Dalam Bisnis?

Dalam Business Gathering yang Saya ikuti yatu Marketing Breaktrough Strategy in Global Era by Tommy Siawira (Marketing Strategist), di Senayan City (29/8) yang diselenggarakan oleh Suara Pembaruan telah memberi wawasan tersendiri bagi Saya tentang pentingnya membuat strategi dalam marketing.

Saya pikir strategi marketing lebih berpihak kepada dunia bisnis yang menghasilkan wujud/produk seperti contohnya keberhasilan Iphone membuat diferensiasi dengan mematenkan one single button device yang menjadikannya gadget yang simple, seksi & elegan atau Toyota yang sekarang ini menjadi perusahaan otomotif no 1 di dunia yang berasal dari asia.

Jadi apa rahasia sukses dibalik itu?

Dan bagaimana dengan bisnis tak berwujud a.k.a services seperti kita-kita?

Apakah bisnis didunia service juga memerlukan strategi?

Jefrey Liker, Profesor dari Michigan University, dalam bukunya yang menghebohkan, The Toyota Way, menyebutkan ada DNA yang senantiasa mengejar kesempurnaan, yang tiada henti bergerak mencari perbaikan dan mengoreksi kesalahan. Senantiasa menjadi lebih baik dari terbaik. Program ini kemudian dikenal dengan istilah Toyota Production System, atau Lean Manufacturing.

Apa rahasia dibalik program Lean Manufacturing ini? Yakni sebuah kesadaran untuk senantiasa menempatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan sebagai tujuan akhirnya. Apa pun yang perusahan gerakan, apapun yang perubahan lakukan, dan apapun yang dipikirkan, dalam perusahaan senantiasa “diputar” oleh keinginan pelanggan yang senantiasa ingin selalu lebih baik dari waktu ke waktu.

Istilah simplenya adalah apa yang jadi value dan pembeda dari produk/service kita dibanding kompetitor.

Bicara mengenai perusahaan agency komunikasi yang service nya adalah Advertising (Print Ads, TV Commercial, Radio Ads, Out of Home, Media Planing & Buying), Brand Activation (Selling-sampling, Instore Activation, Roadshow Event, One Day Event, Festival), Event Management (MICE, Awarding, Launching, Gathering, Outing),  yang akan menjadi titik kunci keberhasilannya adalah Brilliant Concept & Implementation.

Why?

Brilliant Concept adalah ide-ide cemerlang yang out of the box yang kita propose ke klien dan suitable dengan apa yang menjadi goals mereka dan pastinya dapat dieksekusi

Implementation adalah disaat konsep kita dibeli oleh klien, akankah bisa di eksekusi dan apakah pelaksanaannya berjalan Zero mistakes? Atau hanya bualan saat presentasi saja?

Dua hal ini sangat penting karena akan menjadi tolak ukur apakah agency ini patut untuk dipakai lagi di next project atau ‘yuk dadah baibai’ .

Jadi pe er Saya dan teman-teman adalah selalu melakukan strategi diferensiasi agar klien trust dan menciptakan bonding as a partner not only between client & agency agar mereka selalu puas dan loyal menggunakan jasa kita.

 

 

Refia Ardhiana
Account Manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *